Tinggalkan komentar

Belajar Foto Koi

Ada apa dengan koi kenapa harus muncul di blog ini ? Hehe, ga terlalu berhubungan sih kopi ama koi. Tapi kalo ada saya nya, itu beda lagi. Buat saya hobi miara koi ini sudah membawa saya mengalami asam dan pahit nya perjalanan hidup. Usaha saya di bidang peralatan koi, kenal orang2, menjalin hubungan bisnis dari koi, pokonya ingat koi – ingat @mang_aat lah.

kopi n koi

Nah, apa lagi hubungannya koi dan fotografi ? mungkin secara umum ga terlalu dekat. Tapi ketika keduanya berpadu -tsahh- akan menghasilkan perpaduan keindahan yang beautipul lah pokonya 😀

Jadi beberapa hari tarakhir ini saya dengan cukup keras berusaha untuk bisa mengambil foto koi. Sepintas foto koi ga terlalu rumit yaudah kan udah warna warni ikannya bagus kalo difoto/ Tapi apa yang terjadi, ketika jepretan pertama sudah kecewa. Gambar blur dan warna koi tak seindah aslinya dan beberapa kekecewaan lain. Hipotesa dari saya sebagai nubie fotografi – begitu juga temen saya sesama nubie- foto koi itu lumayan menantang

Tapi ga putus asa setelah baca2 dan tanya2 sama temen2 yang suka fotografi, dapet juga sedikit pencerahan. Meskipun demikian gambar yang yang saya dapet ga secerah pencerahan itu sendiri.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Secara fotografi yang perlu diperhatikan dalam foto koi adalah shutter speed -lama waktu bukaan pada lensa- dan fokus -terutama kalo ikannya di bawah air- Berdasarkan pengalaman beberapa hari nubie saya, suhtter speed yang bisa menangkap gerakan koi yang cukup lincah itu minimal di 1/200. Lebih cepat tentunya lebih baik. Tapi ada batasan dengan cepatnya bukaan ini maka gambar akan cenderung lebih gelap. Untuk menyiasati nya bisa dengan membuka bukaan lensa -appeture- lebih lebar dan menaikkan ISO.Pada kasus yang saya dapat, saya perlu pake iso yang cukup tinggi sehingga gambar lebih noise -bintik2 kalo di zoom-

Tapi ya sudahlah, sampai disini kita boleh bilang yang penting kan momen dan kesan yang ingin kita liatin. Bang, dan itu juga bahkan lebih sulit lagi dari teknik fotografi. Bahkan yang ini perlu pengetahuan yang cukup mendalam tentang koi. Nah kalo di koi namanya apresiasi koi. Apa sih yang ingin diperlihatkan dari koi ? bagaimana kesan keindahan koi itu bisa muncul ? Jadi ya kesimpulan awal nya masih, foto koi itu cukup menantang, dan akan terus menantang meskipun kamu makin jago foto. Seperti ilmu2 yang lain lah the more u know the more you know u dont know -cape yo, ngetik english satu kalimat aja-

Well, kira2 inilah beberapa hasil eksperimen foto2 ikan, semoga kamu bisa ikut seneng liat koi2 nya dan terhibur. Saran dan masukan sangat kami harapkan guna terciptanya kondisi yang stabil, aman dan terkendali.

Tinggalkan Balasan

