Tinggalkan komentar

Pola Warna Kepala Pada Kohaku

Pada ikan gosanke, termasuk kohaku pola warna merah di kepala sangat jadi perhatian. Pola warna merah diatas dasar kepala yang putih, mengesankan wajah kohaku tersebut. Pola merah yang diharapkan pada kohaku adalah pola merah yang tidak melewati mata dan tidak melebar jauh sampai ke pipi. Perbandingan warna merah pada bagian kepala idealnya 60-70%.

Berikut beberapa istilah yang digunakan untuk menjelaskan parakter pola merah pada kohaku:

U Shaped kohaku

Bentuk pola merah ini disebut bentuk U, karena bentuk nya yang mirip huruf U dengan tidak melewati batas mata kohaku. Bentuk ini adalah bentuk yang bisa dibilang U-Shaped-Classic karena ini adalah bentuk pola yang bisa dibilang baku untuk kohaku. Namun demikian saat ini banyak bentuk yang tidak U shape ini namun juga indah.

kohaku koi maruten

Maruten adalah istilah untuk pola merah berbentuk lingkaran pada kepala kohaku. Seperti tancho, namun pada ikan tancho tidak memiliki corak warna merah pada badan nya, jika kohaku tersebut memiliki corak pada badannya maka disebut maruten. Belakangan ini pola kepala maruten adalah salah satu bentuk pola kepal yang favorit karena memang menggambarkan kesan wajah yang ideal. Tentu didukung dengan pola warna badan yang serasi.

kuchibeni

Kuchibeni berarti “lipstick” , istilah ini menjelaskan tentang warna merah di bibir kohaku. Corak merah ini mirip seperti lipstick maka itu disebut kuchibeni. Bagi beberapa pehobi kuchibeni ini tidak menjadi daya tarik mungkin beberapa malah kurang suka. Namun demikian hal ini tidak terlalu menjadi hal yang terlalu diperhatikan dalam penilaian secara umum, lebih ke masalah selera aja.

hanatsuki

Hanatsuki berati badut, istilah ini pada pola kepala kohaku menjelaskan bentuk pola merah yang menyambung sampai mulut kohaku. Bentuk pola ini memberikan kesan wajah seperti badut makanya disebut hanatsuki.

Pola Unik

Selain istilah2 diatas ada juga istilah2 lain. Biasanya istilah tersebut menunjuk kepada suatu bentuk unik yang mirip dengan sesuatu. Seperti pada gambar di bawah ini, karena bentuknya seperti mahkota maka diistilahkan crown dan sebelah nya memiliki pola merah seperti bentuk kait kait maka diistilahkan hook. Biasanya pola2 unik ini tetap memiliki patokan tidak lewat mata, tidak menkaburi dan bozu.

kohaku unik

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: