1 Komentar

Membedakan Koi Jantan dan Betina

Ikan Koi jantan dan betina dapat dapat kita lihat dari tanda2 fisik pada ikan. Berikut beberapa hal yang bisa dijadikan indikator untuk membedakan Koi tersebut jantan atau betina.

Bentuk Tubuh

Indikator yang paling mudah terlihat adalah bentuk tubuh. Koi jantan dan betina memiliki penampilan bentuk tubuh yang berbeda. Tubuh koi jantan cenderung panjang dan kurus dibandingkan tubuh betina yang cenderung lebih bulat dan padat, terutama dibagian perut. Bantuk tubuh bisa dijadikan indikator awal dalam mengidentifikasi jenis kelamin ikan, namun dari bentuk tubuh saja tentu tidak akurat karena faktor lain juga sangat mempengaruhi bentuk badan, seperti genetik, pola makan dan faktor lingkungan. Untuk itu kita perlu indikator lain agar kesimpulan kita tentang jenis kelamin koi ini akurat.

Pada All Japan Koi Show ikan jantan memiliki kelas tersendiri, karena tidak imbang kalo di bandingkan dengan ikan betina karena umumnya betina memiliki badan yang lebih bulat dan ideal dibandingkan ikan jantan yang bentuk badannya ga sebulat bentuk badan koi betina. Berikut foto ikan Koi jantan yang mendapatkan predikat Best Male di All Japan Koi Show 2012, bandingkan dengan Grand Champion dan Runner Up Grand Champion yang betina, bentuk badannya memang terlihat berbeda.

Perbandingan badan koi jantan betina

Kiri: Superior Male Champion, All Japan Koi Show 2012
Tengah: Runner Up Grand Champion
Kanan: Grand Champion

Photo credit:
http://www.koianswers.com/discussion/1157/2012-all-japan-koi-show-result/p1

Bentuk Sirip

Selain bentuk tubuh, kita bisa juga memperhatikan bentuk sirip dada pada koi. Koi betina memiliki sirip dada  memiliki ujung sedikit membulat dibandingkan sirip jantan yang cenderung lebih runcing.  Perbedaan yang lain adalah sirip betina cenderung lebih transparan dibandingkan dengan sirip koi jantan yang lebih putih solid.

1010786_677724068909435_1904244419_n

Kekasaran Permukaan Pipi

Indikator lain yang cukup mudah untuk diidentifikasi adalah bagian permukaan pipi dari ikan koi. Umumnya koi jantan memiliki pipi yang kasar sedangkan betina memiliki pipi yang halus. Namun demikian tidak semua koi dengan pipi halus adalah betina, kadang koi jantan muda  juga memiliki pipi yang halus. Jadi jika permukaan pipi koi anda kasar, besar kemungkinan ikan tersebut adalah ikan jantan.

Bentuk dan Warna Lubang Ekskresi

Selain meraba tekstur kehalusan pipi, jenis kelamin koi juga bisa diketahui dari bentuk fisik lubang ekskresinya. Lubang ekskresi pada Koi betina tampak sedikit menonjol atau cembung dengan warna pink pucat. Sedangkan pada koi jantan, lubang ekskresinya tampak lebih cekung kedalam dengan warna putih.

Kalo menurut kamu info ini bermanfaat, silakan share di Timeline FB kamu. Klik Facebook button di bawah .. thanks 😀
this article sponsored by
banner 1

Iklan

One comment on “Membedakan Koi Jantan dan Betina

  1. wah.begitu aja rupanya. terima kasih ya atas infonya.. :))))))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: