Tinggalkan komentar

Memilih Pompa Untuk Kolam [Tanya-Jawab]

Berikut adalah diskusi saya dan rekan hobiis kolam di forum pecinta kolam. Muda2han bermanfaat.

Tanya:
permisi mau nanya….

saya sedang membangun kolam dengan luas 2,5 x 1,5 x 1 meter
Jarak (tinggi) dari dasar kolam hingga chamber melalui pipa 3/4″ sekitar 2,5 meter.

kira2 pompa apa yg cocok untuk saya pasang disana, rencana mau milih diantara beberapa produk ini :
RESUN S 4500
110 WATT
H.MAX 3,5M
MAX.OUTPUT 4500 L/H
atau
RESUN S 10000
type S 10000
power 230 Watt
Height max. 5 mtr
Max. Output 10.000 L/H
atau
RESUN KING 6
power 230 Watt
Height max. 5 mtr
Max. Output 8.200 L/H

Bingung milihnya, kalau besar takut mubazir dan boros tapi kalo kecil takut malah gak kepakai… mohon solusi atau ada type lainnya ? makasih

Jawab:

Hal yang perlu diperhatikan pertama adalah volume kolam nya. kalo diitung2 volume kolam nya 3.75 m³, kalo pake pendekatan beberapa ahli kolam koi biasanya pake patokan volume kolam keputer dalam 1 jam. berarti minimal pake pompa yang memiliki debit (debit aktual) 3750 liter/jam. Ada juga yang berpendapat air keputer dalam 1,5 jam atau 2 jam masih bisa. Berdasarkan aturan tsb. saya nilai Resun Penguin SP4500 cukup. Resun S10000 dan King 6 juga memenuhi aturan debit minimal. Dari ketiga nya bisa dipake, pertimbangan berikutnya mungkin watt, kalo saya akan cari yang paling kecil.

Ane sendiri lebih suka tipe Penguin, udah hapal karakter, karena sering pake untuk ujicoba trickle filter.
Berikut ane bikin review ttg Resun Penguin:
Review Produk: Resun Tipe Penguin SP

Tinggalkan Balasan

