Tinggalkan komentar

Tips: Air Kolam Hijau

Air hijau disebabkan tumbuhnya algae dalam jumlah besar (algaebloom). Algae kadang diidentikkan dengan Lumut, padahal Algae dan Lumut berbeda. Lumut itu yang di dinding kolam, sedangkan Algae itu tumbuh di air menyebabkan air berwarna Hijau seperti Cingcaw. Gejala air hijau kadang terjadi dan mengganggu pemandangan. Meskipun demikian, apabila Sistem Filter dan Pompa sudah Layak, sebetulnya air hijau (Algae) samasekali tidak berbahaya buat ikan.
Gejala air ijo yang disebabkan pertumbuhan Algae ini dipengaruhi oleh bbrapa faktor utama sbb:
1. Sinar matahari yg kena kolam
2. Karakter air (sumber air)
3. Debit pompa dan sistem filter
Beberapa solusi yang saya sarankan:
1. Beri naungan, sehingga intensitas matahari ke kolam, berkurang (bs berupa Shading-net, pepohonan, kanopi dll)
2. Aplikasi Lampu UV (lampu UV ini ada dua jenis UV eksternal dan UV celup, UV external lebih disarankan karena lebih aman penggunaan nya. Kalo mau pake UV celup bisa aja cuman penggunaannya mesti hati2 banget karena sinar UV ga boleh kena mata langsung, Bahaya.
Aplikasi lampu UV ini adalah cara yang paling efektif dalam membunuh sel2 algae penyebab air kolam hijau (atau kadang coklar atau merah, tergantung spesies Algae nya). Lampu UV tidak perlu digunakan terus menerus. Lampu diaktifkan beberapa hari saja sampai Algae hilang, setelah itu lampu UV bisa dimatikan. Nanti kalo muncul lagi pake lagi lampu UV nya, karena kadang Algae datang nya musiman tergantung karakter air sumber.
*solusi yang disarankan diatas adalah dengan asumsi sistem filter kolam sudah memadai. Kunjungi juga artikel tentang sistem filter kolam/trickle filter

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: