Tinggalkan komentar

Belajar Aquaponic

Sistem Aquaponic

Kalo liat di web aquaponic adalah gabungan bercocok tanam secara hidroponik dengan memelihara ikan. Air kolam mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan taneman, jadi air ini dimanfaatkan untuk mengairi taneman. Ya kira2 gitu lah, nanti diupdate lagi pengantarnya, langsung aja ke foto2 nya yah.

Ini adalah sistem aquaponic yang secara ga sengaja terjadi, hanya menyimpan potongan taneman aja ternyata jadi dan bagus, subur. Tanaman ini lebih subur terlihat dari ukuran daun nya, yang normal diameter 10 cm an ini bisa sampe 20 cm an lebih. Dari sini lah saya tertarik utuk mengkombinasikan tanaman dengan kolam ikan, aquaponic.

Sudah berapa lama saya kepingin praktek sistem ini cuman baru kesampean hari minggu tanggal 17 Nov 2013 ini. Ada beberapa metode sih kalo liat tentang aquaponic ini versi saya aga ngarang dan sangat sederhana. Memanfaatkan air yang tergenang di filter tong (di koi biasa disebut filter tong biru). Pot2 taneman sedikit terrendam di air tersebut. Media yang dipake adalah potongan dakron dan benih yang di tanem adalah pokcoi dan bayam hijau.

sistem aquaponic

aquaponic 1 500

Update sedikit tanggal 22/11/2013

aquaponic pertumbuhan 22

Saran dari beberapa rekan di forum FB adalah jarak antar pot dan kepadatan antar pot mesi diatur lagi. Untuk idealnya satu tanaman di satu pot dan jarak antar pot untuk pakcoi idealnya 15-20 cm. Sinar matahari juga kayanya kurang menyebabkan daun kurang hijau.

Berikut Beberapa komen di FB:

Pa Dicky: Kalo kepadatan mah tinggal dijarangin aja oom. Lihat warna ijo daunnya, kemungkinan krn kurang intensitas sinar matahari atau kurang unsur nitrogen. Teorinya fotosintesis itu terjadi pada zat hijau daun (stomata) dan perlu sinar UV. Stomata aktif tandanya warna hijau yg lebih pekat.

Taman Kelinci kurangi,.pindahkan kalo sudah tumbuh akar dan daun utama,.

Gan Adit: nyubi ikut urun rembug ya ompakchoy ya om? satu cup isinya terlalul banyak om, trus satu styrofoam antar pot juga terlalu mepet, lanjutkan aja sampe agak besar lalu dipindah ke susunan pot yang jaraknya agak lebar antara 15-20 cm

Syaryadi Sp: untuk tanam apa…..? kalau kangkung, bayam cukuplah, tapi kalau pakcoy, caysim, selada min jarak 15 cm

satu net pot untuk 1 tanaman, kalau bayam bisa di kasih 5 – 10 sheed

Ach Saleh klu seperti itu susah di pisah klu tan mau di pindah akar lengket dgn jaringan serat busa filter air hrs nya seperti ini

penyemaian dengan dakron

Foto: Ach Saleh

Update 24 Nov. 2013



Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: