Tips dan Artikel Kolam & Ikan

Karantina Ikan KOI

Karantina Ikan KOI

Salah satu saat paling kritis dalam memeilhara KOI adalah ketika kita membeli ikan baru dan memasukan nya ke kolam. “Kenapa ko dibilang kritis ?”, karena ikan baru sangat potensial membawa bakteri penyebab penyakit ke kolam KOI anda. Anda pasti ga mau dong, ikan di kolam Anda, apalagi udah lama anda pelihara, jadi sakit gara-gara ikan […]

Memelihara Kolam Ikan Koi di Musim Hujan

Memelihara Kolam Ikan Koi di Musim Hujan dan Cuaca Ekstrim Musim hujan dengan cuaca yang cukup ekstrim mulai melanda. Beberapa hobiis beranggapan air hujan dan temperatur yang dingin dapat secara langsung membahayakan kesehatan ikan di kolam, terutama kolam outdoor. Apakah benar seperti itu ? Untuk menghadapi hal ini kita mungkin bisa sedikit belajar ke negara lain. […]

Mememelihara Koi di Lahan Sempit

Mememelihara Koi di Lahan Sempit

Siapa yang bisa menolak keindahan ikan koi. Ikan yang warna warni ini dikenal sebagai ikan yang bisa memberikan pengaruh positif pada pemiliknya. Bagaimana tidak, gerakannya yang anggun dan perilaku koi yang berkelompok dan aktif seketika bisa menambah semangat dan memperbaiki mood. Itu juga mungkin yang menjadi alasan kenapa anak2 kalo susah makan atau rewel biasanya […]

Majalah Nishikigoi Digest International [PDF]

Majalah Nishikigoi Digest International [PDF]

Saya dapet link ini dari akun FB nya Mark Gardner, beliau mempublikasikan majalah 70 halaman PDF yang menurut saya sangat berguna dan free. Silakan langsung aja simak di link berikut: http://www.niigata-nishikigoi.com/digest/ndi_issue1(low).pdf Thanks Kalo info ini bermanfaat, silakan share di Timeline FB kamu or Twitter. Klik Facebook button di bawah .. thanks 

Menghitung Berat Koi

Menghitung Berat Koi

Seringkali kita perlu untuk mengetahui berat koi di kolam kita. Untuk memperkirakan kebutuhan pakan, misalnya, diketahui dengan pendekatan 2-3% dari berat ikan. Atau pendekatan untuk kebutuhan filter dan estimasi populasi ideal dalam kolam, seringkali perlu mengetahui berat ikan di kolam. Untuk mengetahui berat ikan tentu aga sulit kalo kita menimbang ikan tersebut. Untuk itu ada […]

Karantina Ikan KOI [Tanya Jawab]

Karantina Ikan KOI [Tanya Jawab]

Rio: halo mas aryad… ijin nanya mas.. kalau proses karantina utk ikan baru caranya gimana ya? berapa lama, pake obat apa aja, etc2… walopun saya udah baca2 caranya tapi biar makin yakin.. hehehe Arsyad: Tujuan karantina nya apa neeh..apa ada ikan di kolam utama? Rio: ada ikan di kolam utama… ane baca2 katanya kalau mau nambah ikan / […]

Gambar Kerja Kolam Koi

Gambar Kerja Kolam Koi

Kolam Dengan Sistem Bottom Drain & Chamber Filter Membuat kolam Koi di rumah perlu perencanaa yang cukup lengkap terutama bagian filter kolam nya. Banyak sekali kolam ikan di rumah yang dibuat tanpa mempertimbangkan desain sistem filter yang memadai. Bagi pehobi koi yang sudah berpengalaman tentu sudah mengerti kenapa desain filter harus dibuat dengan matang. Kenapa […]