Tinggalkan komentar

Karantina Ikan KOI

Salah satu saat paling kritis dalam memeilhara KOI adalah ketika kita membeli ikan baru dan memasukan nya ke kolam. “Kenapa ko dibilang kritis ?”, karena ikan baru sangat potensial membawa bakteri penyebab penyakit ke kolam KOI anda. Anda pasti ga mau dong, ikan di kolam Anda, apalagi udah lama anda pelihara, jadi sakit gara-gara ikan baru yang bawa bakteri.

Nah, salah satu cara agar ikan KOI yang baru dibeli ngga menularkan bakteri ke ikan di kolam utama adalah dengan cara karantina. Karantina adalah menempatkan ikan baru di tempat yang terpisah dari kolam KOI utama Anda. Dengan memisahkan ikan baru diharapkan Anda bisa benar-benar yakin bahwa ikan baru tersebut sudah sehat, terbebas dari bakteri sebelum memasukkan ikan tersebut ke kolam utama.

DSC03559

Kesalahan yang terjadi pada umumnya pemula KOI adalah tidak layak nya tempat karantina ikan KOI baru ini. Saya seringkali menemukan pehobi KOI pemula menyimpan KOI baru di ember atau jolang dengan hanya diberi aerator. Lalu mereka bilang “saya sedang karantina ikan KOI baru di ember”. Yang terjadi adalah ikan tersebut berpotensi mati karena kondisi air yang tidak layak apalagi hanya ditempatkan di ember.

“Ikan sehat pun bisa jadi sakit kalo kondisi tempat karantina nya tidak layak..”

Fasilitas Karantina Ikan KOI

Memang banyak versi tentang cara karantina, namun disini akan saya share berdasarkan pengalaman saya memelihara KOI dan dari literature. Bak karantina ikan KOI yang layak perlu memiliki volume air yang cukup, kualitas air yang terjaga dan oksigen yang cukup.

Bak Karantina

Idealnya bak yang dipakai untuk karantina adalah bak fiber dengan panjang 80 cm atau lebih. Namun demikian kadang pehobi KOI terbatas lahan dan bak yang tersedia. Jika lahan atau budget Anda terbatas untuk bak yang cukup besar, ya apa boleh buat, pakai saja jolang besar atau pinjam kolam karet tempat main anak Anda. Namun Anda perlu perhatikan jumlah ikan KOI yang di karantina, jangan sampai terlalu padat.

Foto008

Sistem Filter Bak Karantina KOI

Saat karantina kualitas air kolam harus tetap baik untuk ikan hidup. Kadar oksigen di air kolam juga harus terjaga. Untuk itu bak karantina Anda perlu dilengkapi dengan filter kolam. Tentu saja filter kolam ini tidak perlu besar dan berfungsi seperti filter di kolam utama. Tempat sampah dengan tinggi 50 – 70 cm bisa dipakai untuk filter bak karantina. Sistem filter yang disarakan adalah sistem filter yang dikenal dengan istilah “Filter Tong Biru”. Nah cara membuat dan cara kerja filter ini bisa dilihat di link berikut: Cara Membuat Filter Tong Biru
Media filter yang disarankan untuk filter bak karantina ini adalah potongan dakron (ukuran 5 x 10 cm). Tidak usah pakai media filter chemical (seperti karbon atau zeolit) , juga nggak usah pakai media biologis (seperti bioball atau Japmat), karena kita nggak akan menumbuhkan bakteri pengurai di filter ini.

filter karantina

Contoh Bak dan Filter Untuk Karantina Ikan KOI

Pompa yang digunakan juga perlu diperhatikan. Jangan sampai terlalu kecil, hal ini akan mengakibatkan kandungan oksigen di kolam kurang. Untuk bak dengan diagonal 80 cm, disarankan menggunakan pompa minimal 35 watt (perlu diingat ini estimasi saja, ya).

Prosedur Karantina Ikan KOI

Setelah fasilitas karantina tersedia, ada prosedur yang perlu dilakukan tergantung kondisi ikan KOI baru yang Anda beli. Anda bisa menganggap ikan KOI baru sakit, sehingga perlu diobati, atau Anda menganggap bahwa ikan tersebut terlihat sehat, namun Anda ingin memastikan bahwa KOI tersebut sehat.

Karantina Dengan Garam

Anda sendiri deh yang milih mau karantina pake garam atau pake obat. Keduanya sama-sama berfungsi sebagai antibiotik, yaitu membunuh atau menekan pertumbuhan bakteri. Bedanya garam bersifat lebih ringan dibanding obat antibiotik yang keras seperti tetracyclin atau teramycin. Kalo Anda kira ikan tersebut ga terkena bakteri, maka Anda boleh memilih untuk karantina dengan garam. Karantina dengan garam juga direkomendasikan untuk ikan KOI yang baru saja diangkat dari mudpond (empang). Dosis dan cara pakai garam secara khusus dibahas di artikel berikut ini: Dosis dan Cara Pakai Garam Untuk Ikan KOI

Ikan KOI dikarantina di bak dengan kadar garam 3-5 kg/m3 selama 1-2 minggu. Selama masa karantina, ikan ga dikasi makan, atau kalo anda ga tega ya dikasi makan 2 hari sekali dengan porsi makan 1/4-1/10 porsi makan biasa. Tenang aja, ikan KOI ga apa-apa gak makan selama seminggu juga, masih aman.

Karantina Dengan Obat-obatan

Prosedur karantina ini sebetulnya sama dengan prosedur pengobatan apabila ikan diindikasikan terjangkit penyakit. Artinya bakteri telah menyebar dan menyebabkan infeksi pada ikan KOI. Untuk karantina dengan obat, obat yang dipakai biasanya Tetracyclin, Teramycin, Oxitertacyclin, atau Dimilin. Untuk dosis dan cara pakai saya tidak jelaskan di sini karena obat tersebut tergolong antibiotik keras, peredaran nya dibatasi, meski demikian ada di apotek atau kalo mau di toko akuarium juga kadang ada.

*kalo memang pengen tau dosis yang saya pake, boleh saya share secara personal email aja ke: solusikolam@yahoo.com

Tinggalkan komentar

Trickle Filter Jumbo (Filter Kolam Siap Pakai)

Trickle Filter Jumbo Warna Hijau

– Filter Kolam Ikan Portable Untuk Kolam Anda –

Stock Available: Saat ini warna tersedia Hijau, Kuning, Biru, Merah

Kapasitas: up to 7 m³

 dimensi 60×40 cm tinggi (total) 1,3 m

Spesifikasi Trickle Filter:

4 susun, kotak 1 terrendam, kotak 2,3,4 trickle (shower)
dimensi 60×40 cm tinggi (total) 1,3 m
input: selang 1″
backwash: keran 3/4″
pompa yang disarankan: Resun penguin SP 8500 230 watt atau SP4500 110 watt

Populasi ikan: 10 ekor ikan 40cm / 15 ekor ikan 30cm
Jumlah pakan yang bisa di handle: 300 gr/hari

Harga: Rp. 2,300,000

(Trickle Jumbo 4 Susun)

Untuk kolam yg lebih kecil Anda Juga bisa pesan Trickle Jumbo 3 susun. Untuk harga langsung aja konsultasikan dengan mas Adri CS kami

Media Trickle Filter:

1. Dakron Blok (Potongan Dakron Kualitas Super)
2. bioball 1600 pcs
3. bioball 1600 pcs
4. bioball 1800 pcs

Total 4800 pcs bioball

Harga: Rp. 2,300,000

Packing: Kardus (berat total 38 kg) Volumetrik pengiriman 100kg
Pengiriman: Paket POS, MEX Cargo, Herona Express
Ongkos kirim: Rp. 250-400 rb (Pulau Jawa) / Rp. 400-500 rb (Untuk daerah Sumatera)

Pesan Sekarang

Message kita, SMS, WhatsApp & BBM aja ya, Gan.

Saya posisi di kantor, Gan jadi aga susah angkat telp. Kalo memang perlu penjelasan dan konsultasi via Telepon, harap SMS, WA & BBM dulu ya, Gan. Tar kita janjian untuk waktu konsultasi tentang Produk via Telepon 😀
Thanks
CS solusikolam.com
Adri
BBM: 26D2D73A
WhatsApp: 0821 2613 6182
atau kunjungi website kt di: www.solusikolam.com

Bagikan info ini di Timeline Facebook kamu atau Twitter. Klik aja Facebook button di bawah 😀 Thanks

1 Komentar

Memelihara Kolam Ikan Koi di Musim Hujan

Memelihara Kolam Ikan Koi di Musim Hujan dan Cuaca Ekstrim

Musim hujan dengan cuaca yang cukup ekstrim mulai melanda. Beberapa hobiis beranggapan air hujan dan temperatur yang dingin dapat secara langsung membahayakan kesehatan ikan di kolam, terutama kolam outdoor. Apakah benar seperti itu ? Untuk menghadapi hal ini kita mungkin bisa sedikit belajar ke negara lain. Fakta nya kolam di negara empat musim seperti Eropa atau di Jepang sendiri, bisa dibayangkan temperatur air kolam ketika memasuki musim dingin.

kop hujan tips

Berikut tips menjaga kesehatan kolam dan ikan di musim hujan dan cuaca dingin : Continue Reading »

2 Komentar

BioBlox & Dakron Blok | Media Filter Aquarium & Kolam

Helo rekan2 pehobi akuarium,  kolam n koi.

Bagi yang perlu media filter untuk filter kolam nya, sekarang sudah ready stock dan siap kirim ke rumah anda, media filter BioBlox.

keunggulan:

  • Tidak usah diganti, sangat tahan lama (udah 5 tahun ga ada perubahan bentuk sama sekali)
  • Pori2 yang banyak, lebih banyak SSA berarti lebih banyak bakteri pengurai dengan volume yang lebih kecil
  • (salah satu media yang menurut saya paling efektif kinerja nya. Saya pernah bandingkan sama Bioball -secara teori kinerja nya 3x lipat Bioball (dengan volume filter yang sama) –
  • Anti mampet (clogging)
  • Ringan dan bisa mengikuti bentuk filter

bioblox 2

bioblox 1

BioBlox Kemasan Dus Kecil

Harga | Rp. 60.000/dus

Ukuran Dus | 18,5 cm x 24.5 cm x 10 cm

bioblox 3

BioBlox Kemasan Dus Sedang

Harga | Rp. 95.000/dus

Ukuran Dus | 30 cm x 30 cm x 12 cm

bioblox media filter kolam

Bioblox Kemasan Dus Sedang dan Dus Kecil

 Tersedia Juga

Potongan Dakron Blok

Dakron Kualitas Super dengan Bentuk Potongan 5 x 5 cm
Keunggulan:
Lebih Tahan Lama dibanding dakron biasa
Bantuk potongan (blok) bisa digunakan di semua bentuk filter
Membuat kolam bening (menangkap kotoran halus)

*tingkat ke beningan liat aja video youtube di bawah:
Berfungsi juga sebagai media bakteri pengurai

Harga:

Dus sedang 30x30x12 cm

Rp. 80.000

[VIDEO] Kolam Dengan Media Filter Dakron Blok:

Pemesanan, Kontak:

SMS / BBM / WhatsApp only ya 😀
(Telepon aga susah diangkat karena posisi ane di kantor)

kontak solusikolam bioblox

Tinggalkan komentar

Belajar Aquaponic

Sistem Aquaponic

Kalo liat di web aquaponic adalah gabungan bercocok tanam secara hidroponik dengan memelihara ikan. Air kolam mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan taneman, jadi air ini dimanfaatkan untuk mengairi taneman. Ya kira2 gitu lah, nanti diupdate lagi pengantarnya, langsung aja ke foto2 nya yah.

Ini adalah sistem aquaponic yang secara ga sengaja terjadi, hanya menyimpan potongan taneman aja ternyata jadi dan bagus, subur. Tanaman ini lebih subur terlihat dari ukuran daun nya, yang normal diameter 10 cm an ini bisa sampe 20 cm an lebih. Dari sini lah saya tertarik utuk mengkombinasikan tanaman dengan kolam ikan, aquaponic.

Sudah berapa lama saya kepingin praktek sistem ini cuman baru kesampean hari minggu tanggal 17 Nov 2013 ini. Ada beberapa metode sih kalo liat tentang aquaponic ini versi saya aga ngarang dan sangat sederhana. Memanfaatkan air yang tergenang di filter tong (di koi biasa disebut filter tong biru). Pot2 taneman sedikit terrendam di air tersebut. Media yang dipake adalah potongan dakron dan benih yang di tanem adalah pokcoi dan bayam hijau.

sistem aquaponic

aquaponic 1 500

Update sedikit tanggal 22/11/2013

aquaponic pertumbuhan 22

Saran dari beberapa rekan di forum FB adalah jarak antar pot dan kepadatan antar pot mesi diatur lagi. Untuk idealnya satu tanaman di satu pot dan jarak antar pot untuk pakcoi idealnya 15-20 cm. Sinar matahari juga kayanya kurang menyebabkan daun kurang hijau.

Berikut Beberapa komen di FB:

Pa Dicky: Kalo kepadatan mah tinggal dijarangin aja oom. Lihat warna ijo daunnya, kemungkinan krn kurang intensitas sinar matahari atau kurang unsur nitrogen. Teorinya fotosintesis itu terjadi pada zat hijau daun (stomata) dan perlu sinar UV. Stomata aktif tandanya warna hijau yg lebih pekat.

Taman Kelinci kurangi,.pindahkan kalo sudah tumbuh akar dan daun utama,.

Gan Adit: nyubi ikut urun rembug ya ompakchoy ya om? satu cup isinya terlalul banyak om, trus satu styrofoam antar pot juga terlalu mepet, lanjutkan aja sampe agak besar lalu dipindah ke susunan pot yang jaraknya agak lebar antara 15-20 cm

Syaryadi Sp: untuk tanam apa…..? kalau kangkung, bayam cukuplah, tapi kalau pakcoy, caysim, selada min jarak 15 cm

satu net pot untuk 1 tanaman, kalau bayam bisa di kasih 5 – 10 sheed

Ach Saleh klu seperti itu susah di pisah klu tan mau di pindah akar lengket dgn jaringan serat busa filter air hrs nya seperti ini

penyemaian dengan dakron

Foto: Ach Saleh

Update 24 Nov. 2013



Tinggalkan komentar

Jual Ikan Koi Borongan (Bongkar Kolam) HI-KOI Bdg

Buat rekan2 yang membutukan koi aga banyak, temen ane dari Hi-Koi Bdg mau bongkar kolam neeh, dia mau jualin ikan2 nya, total ada 140 ekor koi ukuran 15-25 cm. Berminat ngsung aja hubungi kontak pin BB nya d bawah atau Kunjungi FB nya www.facebook.com/Hi-Koi

jual ikan koi

Silakan share info ini d twitter atau FB kamu, klik FB button di bawah.
Thanks 😀

Tinggalkan komentar

Mememelihara Koi di Lahan Sempit

Siapa yang bisa menolak keindahan ikan koi. Ikan yang warna warni ini dikenal sebagai ikan yang bisa memberikan pengaruh positif pada pemiliknya. Bagaimana tidak, gerakannya yang anggun dan perilaku koi yang berkelompok dan aktif seketika bisa menambah semangat dan memperbaiki mood. Itu juga mungkin yang menjadi alasan kenapa anak2 kalo susah makan atau rewel biasanya kalem kalo dibawa liat kolam koi. Selain keindahan ikan itu sendiri, efek menenangkan dan menyenangkan dari kolam ikan koi itu juga menjadi daya tarik bagi kebanyakan orang.

Meskipun kebanyakan orang suka untuk memelihara kolam koi, mereka ga semua kesampean memelihara kolam ikan. Alasannya macem2, salah satu nya adalah keterbatasan lahan. Banyak yang nanya sama saya bisa ga miara ikan koi di akuarium atau bisa ga kalo kolamnya sangat kecil. Aga bingung jawabnya karena sebetulnya bukan itu (ukuran kolam) esensi nya. Syarat memelihara koi ga secara langsung mewajibkan ukuran kolam yang besar. Continue Reading »